Persiapan Sebelum Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan untuk memelihara kesehatan tubuhmu. Latihannya yang terbilang simple dan dapat dilakukan di mana saja bukan alasan untuk setiap orang untuk tidak segera melakukan olahraga. Baik persiapan sebelum olahraga berat maupun ringan. Alih-alih mau sehat, malah bisa cedera yang membuat malas untuk memulainya lagi. Yuk simak penjelasan dibawah ini.

 

1. Hindari Makanan Berat

Salah satu cara mendapatkan energi sebelum melakukan olahraga adalah dengan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat. Mengonsumsi makanan dengan jumlah yang tepat akan menghasilkan energi untuk melakukan olahraga yang maksimal. Kamu dapat melihat Pola makan yang baik sebelum dan sesudah olahraga disini. Konsumsi makanan setidaknya satu jam sebelum melakukan latihan.

Woman Stretching

2. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan merupakan langkah penting untuk mempersiapkan seluruh badan. Mengurangi risiko cedera setelah melakukan olahraga dan meningkatkan kelenturan tubuh. Kegiatan pemanasan dapat disesuaikan dengan latihan yang dilakukan setelah itu. Contohnya apabila hendak digunakan untuk berlari, kamu dapat melakukan pemanasan dan lebih difokuskan pada otot tubuh bagian bawah yang lebih banyak bergerak. Berikut latihan Pemanasan sebelum olahraga  yang dapat kalian lakukan.

Setelah melakukan olahraga, jangan lupa segera lakukan pendinginan dan peregangan kembali untuk mengurangi rasa pegal, dan mengembalikan keluwesan bergerak seperti semula.

Meskipun olahragamu hanya sebentar, penting banget untuk selalu melupakan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan memberikan aba-aba untuk tubuhmu agar dapat mempersiapkan otot dengan baik dan maksimal.

3. Perhatikan Bahan Pakaian yang Digunakan

Perhatikanlah pakaian yang akan digunakan saat berolahraga. Sebaiknya gunakanlah pakaian yang menyerap dan tidak terlalu ketat dan memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik

Sebisa mungkin hindari bahan pakaian berbahan parasut apabila kamu melakukan olahraga yang ekstrim. Beberapa jenis bahan katun cenderung menjadi basah ketika terkena keringat dan memberikan rasa yang tidak nyaman untuk digunakan.

4. Menentukan Latihan yang Sesuai

Menentukan latihan yang sesuai dengan kapasitas tubuh juga sangat penting untuk dilakukan. Selalu dengarkan kebutuhan tubuh kamu. Jangan terlalu memaksakan olahraga berat untuk kamu yang pemula. Tentukan tujuan kamu berolahraga agar selalu termotivasi dalam berlatih. Salah satu latihan yang mudah dilakukan adalah olahraga lari atau jogging. Olahraga yang dapat kamu lakukan dirumah menyesuaikan dengan kondisi saat ini juga dapat dilakukan tanpa perlu pergi keluar.

Apabila semangat olahraga berkurang, ingat kembali tujuan berolahraga kamu dan target yang diharapkan sehingga semangat untuk berlatih akan selalu muncul.

5. Istirahat yang Cukup

Kesehatan tubuh yang maksimal setelah beroahraga dapat dicapai dengan istirahat yang cukup, Olahraga yang berat seperti hiit ataupun cardio membutuhkan kualitas istirahat yang cukup. Energi merupakan elemen yang sangat penting agar kamu bisa olahraga dan beraktivitas dengan maksimal. Istirahat yang cukup juga dapat membersiapkan tubuhmu untuk melakukan kegiatan maupun latihan keesokan harinya. Istirahat sebelum dan setelah olahraga dapat membentuk tubuh yang lebih kuat.

6. Tubuh yang Terhidrasi

Ketika melakukan olahraga, tubuh mengeluarkan cairan dan membuat tubuhmu berkeringat. Lengkapi kebutuhan cairan tersebut dengan minum air putih yang cukupagar kamu tidak dehidrasi. Pastikan juga ada jeda antara minum dan berolahraga agar ada keseimbangan di dalam tubuhmu.

Kesehatan adalah suatu hal yang mendasar dalam hidup manusia.
Banyak orang sakit yang mengorbankan segala harta benda
mereka untuk mencari kesembuhan. Tanpa adanya kesehatan yang baik, setiap manusia akan sulit melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Yuk mulai olahragamu sekarang juga.

 

Bagikan artikel ini: