Agar kita bisa mendapatkan asupan gizi yang terbaik sebelum berolahraga, penting untuk mengetahui apa yang kita makan. Nutrisi dan olahraga merupakan unsur yang berkesinambungan. Mengetahui pola makan yang baik sebelum dan sesudah olahraga penting, agar meminimalisir gangguan didalam tubuh kita dan memaksimalkan pemulihan pasca-olahraga.

Makanlah makanan yang berisikan karbohidrat, protein dan lemak sebelum berolahraga, sehingga performa olahraga yang dikerjakan dapat maksimal. Ada aturan waktu makan sebelum dan sesudah olahraga, yang bisa kamu perhatikan.

Lantas, apa saja peran berbagai jenis nutrisi yang kita butuhkan untuk tubuh kita?

 

Jenis nutrisi yang dibutuhkan:

  • Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terbukti, karbohidrat mengandung glukosa yang menjadi ‘bahan bakar’ otot saat berolahraga, dan glikogen yang menjadi cadangan energi tubuh.
  • Protein merupakan nutrisi lain yang dibutuhkan. Otot dan sel darah merah, sebagai penyalur oksigen dan nutrisi ke otot membutuhkan protein. Dengan mengonsumsi nutrisi ini, tubuh kita dapat meningkatkan kekuatan dan performa otot, serta membantu pemulihan otot.
  • Lemak adalah nutrisi yang diperlukan untuk olahraga intensitas menengah ke tinggi. Ketika beraktivitas, lemak akan dibutuhkan untuk menjaga intensitas didalam tubuh agar tetap ‘terbakar’.

 

Target asupan nutrisi:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk mengisi glikogen didalam tubuh.
  • Mengonsumsi makanan kaya protein. Asupan protein yang baik dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah beraktivitas.

 

Makanan bernutrisi sebelum olahraga:

Perlu diketahui bahwa makanan bernutrisi yang disebutkan diatas sebaiknya dikonsumsi minimal dua jam sebelum berolahraga. Terus, bagaimana contoh makanan yang bisa dijadikan baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga?

  • Jus dengan berbagai buah dan susu,
  • Sereal gandum dengan susu,
  • Nasi merah dengan sayuran.

 

Makanan bernutrisi setelah olahraga

Penting juga untuk makan setelah olahraga. Makan 15 sampai 30 menit setelah melakukan olahraga adalah waktu yang cocok, agar tubuh kita dapat terisi kembali nutrisi yang diperlukan. Makanan yang cocok untuk dikonsumsi, seperti:

  • Sereal dan susu,
  • Roti dan telur dadar,
  • Oatmeal dengan almond,
  • Ayam panggang dengan sayuran.

Imbangilah dengan meminum air mineral, agar mendinginkan sistem tubuh dan mencegah dehidrasi. Istirahat yang cukup, disertai dengan mengatur pola makan yang baik dan olahraga yang teratur merupakan kombinasi yang cukup untuk memulai gaya hidup yang sehat. Kembali lagi, penting untuk mengenali tubuh diri sendiri, agar dapat mendapatkan manfaat yang terbaik.

 

Tips yang perlu diperhatikan:

  • Bereksperimen dengan banyak jenis makanan dan minuman, dan ketahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.
  • Temukan jenis makanan yang baik agar dapat meningkatkan rasa percaya diri sebelum beraktivitas.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mudah dicerna tubuh sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Jaga jarak waktu makan dan olahraga. Pastikan beri waktu/ jarak sekitar tiga sampai empat jam sebelum mulai berolahraga.
  • Ketahui tujuan olahragamu, seperti untuk menurunkan berat badan, agar sehat, dan sebagainya.
  • Kenali tubuhmu. Tidak ada yang sama dari setiap orang. Setiap orang memiliki pilihan yang krusial. Penting untuk memiliki preferensi personal dalam memilih makanan yang dikonsumsi, karena pemilihan makanan dan minuman adalah hakmu. Akan ada beberapa orang yang mual atau lemas, karena beberapa preferensi yang kurang cocok. Tubuh akan mendapatkan manfaat apabila pola makan tersebut baik dan bergerak dengan aktif.

 

Simak tips terbaru persiapan sebelum kamu berolahraga disini!

Sumber Gambar: Hellosehat.com

Referensi:

alodokter.com

sehatq.com

hellosehat.com

hellosehat.com

superindo.co.id

Bagikan artikel ini: