Selama beberapa waktu, kita sekarang suka mendengar bahwa penting untuk memiliki pola hidup yang sehat, dengan cara menjaga pola makan dan asupan gizi. Tapi apakah kamu tahu, bahwa minum air putih penting? Memiliki asupan air yang cukup itu merupakan aspek yang sangat penting untuk punya gaya hidup yang sehat.

 

Sehari-hari kita hanya terfokus terhadap aspek asupan nutrisi seperti makanan, sampai lupa bahwa air adalah nutrisi yang cukup penting. Padahal, air merupakan nutrisi yang mempengaruhi tubuh kita. Sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air. Fakta ini menunjukkan bahwa air merupakan nutrisi yang terlibat didalam tubuh kita secara langsung.

 

Air memiliki beberapa peran didalam tubuh kita, seperti menjaga suhu tubuh, membakar lemak, membantu memproses organ pencernaan, menyalurkan nutrisi didalam tubuh, hingga membuang racun yang ada dari tubuh.

 

Nah, daripada itu, berikut merupakan alasan mengapa meminum air putih penting!

 

  1. Tubuh yang Sehat

Tubuh akan kehilangan cairan tubuh jika kita beraktivitas, dan jika tidak ikuti oleh asupan air yang cukup, maka bisa cukup berbahaya. Asupan air yang cukup mampu menghindar tubuh dari dehidrasi yang memicu berbagai gejala penyakit. Justru dengan rutin meminum air putih dapat mengurangi resiko terpapar dari berbagai serangan penyakit.

 

Selain itu, meminum air putih yang rutin dapat mengatasi gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran kemih dan batu saluran kemih. Faktor ini disebabkan oleh lancarnya proses pembuangan sisa makanan dan minuman yang ada didalam tubuh, yang disalurkan melalui feses, urin dan keringat yang keluar dari tubuh.

 

  1. Menajamkan otak

Berhubung tubuh kita mayoritasnya diisi oleh air, maka kehilangan banyak cairan didalam tubuh akan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi yang berakibat buruk terhadap kinerja dan kemampuan kognitif, serta suasana hati. Riset mengatakan, bahwa jika tubuh kekurangan air 1 persen maka dapat menyebabkab gangguan suasana hati. Jika kekurangan air sekitar 2 sampai 3 persen dapat “meningkatkan suhu tubuh, rasa haus dan gangguan stamina”. Jika mencapai 4 persen maka dapat menurunkan kemampuan tubuh sebesar 25 persen. Jika terus dibiarkan sampai 7 persen, maka tubuh tersebut dapat memaksimalkan potensi untuk mengalami pingsan.

 

  1. Mengurangi resiko jerawat

Masyarakat sungguh dapat mengira bahwa kondisi wajah seseorang yang berminyak dapat menyebabkan jerawat. Banyak orang berpikir bahwa untuk mengurangi jumlah minyak, dapat dikurangi dengan penggunaan produk pembersih muka. Tapi sesungguhnya, produk pembersih muka dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga dapat memicu bintik merah pada kulit. Sebenarnya, air putih dapat mengurangi jumlah minyak yang ada pada wajah. Mengonsumsi air yang cukup dapat menjaga kesehatan kulit, karena setiap sel di dalam tubuh memerlukan air untuk tetap sehat dan terhidrasi.

Nah, sebenarnya berapa takaran normal yang dapat diasup setiap harinya?

 

Takaran Normal agar Tidak Dehidrasi

Tidak dipungkiri, kebutuhan cairan didalam tubuh setiap orang bisa saja berbeda-beda. Untuk orang dewasa, konsumsi air putih pada umumnya berkisar sekitar 8 gelas (sekitar 230 mililiter) atau total 2 liter setiap harinya. Selain itu, kita dapat memperoleh asupan air dari makanan yang kita makan, seperti pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Contoh yang dapat diasup misalnya bayam yang mengandung (hampir seluruhnya) air.

 

Tanda-tanda Dehidrasi

Untuk mengetahui kadar air didalam tubuh kita, sebenarnya sangat gampang. Kita bisa mencari tahu dari urin yang kita keluarkan berwarna pekat dan tidak seperti biasanya, atau/ dan kita merasakan rasa haus. Selain itu, kita dapat merasakan rasa pusing, sakit kepala, bibir kering, dan kurang energi/ kelelahan. Ada faktor lain yang mempengaruhi tubuh kita, seperti cuaca yang panas, penyakit diare/ demam/ muntah-muntah, berolahraga, serta ibu hamil dan menyusui.

 

Jadi, tips apa saja yang bisa dilakukan untuk memperoleh keuntungan minum air putih?

 

Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Meminum Air Putih secara Rutin

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa dikerjakan, seperti:

  • Membiasakan diri untuk meminum air putih sebelum/ setelah makan atau menyantap cemilan. Supaya kadar air didalam tubuh kita terpenuhi dan kita tidak tersedak/
  • Membiasakan diri untuk membawa botol air minum kemanapun kita pergi selama beraktivitas. Dengan melakukan hal ini, maka kita akan termotivasi untuk menghabiskan air tersebut, agar tidak berat untuk dibawa kemana mana dan menjadi pengingat untuk kita agar meminumnya sampai habis.
  • Menambah rasa pada air putih agar terasa lebih segar dan enak. Disarankan dengan menambah irisan buah-buahan seperti minuman infused water, yang saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat.
  • Pastikan air minum yang kamu minum layak untuk dikonsumsi, agar menghindari penyakit-penyakit akibat air minum yang tidak layak untuk dikonsumsi atau terkontaminasi. Ciri-ciri air minum yang tidak layak dikonsumsi seperti air yang memiliki bau dan mengandung bakteri, serta mengandung bahan kimia yang melebihi batas yang diperbolehkan oleh pemerintah setempat.

 

Semoga kamu dapat praktekin semua tips yang dijelaskan diatas, dan jangan lupa untuk juga pantengin artikel yang lain, seperti: Kurang Tidur? Ini dia 10 Dampak Negatif untuk Kesehatan, Air Lemon Menguruskan Badan. Bisakah?, Olahraga Mengecilkan Perut yang Anda Bisa Coba di Rumah.

 

Kamu juga bisa pantengin social media Sehati di Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube, serta kamu juga bisa pantengin berbagai artikel gratis dan menarik lainnya di Blog Sehati. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Sumber-sumber:

Honeylane.co.id

Bravaradio.com

Halodoc.com

Alodokter.com

Kompas.com

Detik.com

Bagikan artikel ini: