Sehati, Jakarta – Kesehatan mental adalah kondisi saat seorang individu dapat mengontrol secara normal emosi dalam dirinya. Contohnya dalam menghadapi masalah yang sering ditemui sehari-hari, individu yang sehat secara mental mampu menyesuaikan cara mereka berperilaku terhadap suatu masalah. Kesehatan mental perlu di jaga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kedua hal ini saling memengaruhi satu sama lain. Saat fisik sobat sehati sehat, keadaan mental akan terjaga. Ketika kesehatan mental terganggu, performa fisik kamu pun menurun.

Di masa pandemi seperti ini banyak sobat sehati yang membatasi mobilitasnya jauh seperti saat normal. Yang tadinya sekolah berubah jadi belajar di rumah. Yang tadinya ngantor jadi ngantor di rumah. Yang tadinya tiap weekend hangout berubah jadi video call bareng temen-temen. Walaupun pada akhirnya terbiasa, sadar gak sih kalau perasaan ini mempengaruhi alam bawah sadar kita.

Sehatmin lihat banyak anak-anak sekolah dasar nangis karena kangen dengan suasana belajar di sekolah, ingin berjumpa dengan teman-temannya, bercanda tanpa ada yang menghalangi, keluar rumah dengan rasa aman. Kesehatan mental pada anak sangat berpengaruh loh dengan cara mereka belajar. Apalagi kita gak tau sampai kapan pandemi ini berakhir. Begitu pun dengan remaja, kebanyakan dari mereka biasanya pergi hangout saat weekend dan sulit untuk menahan diri untuk dirumah saja.

Nih sobat sehati, Sehatmin kasih tips kegiatan yang bisa kamu demi menjaga kesehatan mental yang dapat di lakukan walau dirumah aja :

1. Membaca Buku Bersama

Kesehatan Mental

Yup, kebayang gak sih apa-apa sekarang udah serba online? Kamu bisa browsing buku kesukaan kamu dan kamu bisa pesan itu secara online tanpa harus keluar rumah. Sehatmin punya saran buku bagus yang harus kamu beli karena buku ini simple dan menenangkan pikiranmu. Sehatmin rekomendasikan buku tentang mindfullness yang ditulis oleh Haemin Sunim – “The Things You Can See Only When You Slow Down”

Simak Review buku:  The Things You Can See Only When You Slow Down – Haemin Sunim

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengajak keluarga untuk ikut bersama-sama membaca buku setelah itu kalian bisa sharing tentang buku bacaan masing-masing.

2. Mencoba Menu Masakan Baru

Memasak makanan sehat

Tren berkreasi di dapur terus meningkat saat sobat sehati sedang di rumah aja. Dalgona coffee yang terbuat dari adukan bubuk kopi secara cepat menghiasi story media sosial kita semua. Tak lupa seluruh bakat terpendam dari orang di sekitar pun mulai muncul. Mendadak buka bisnis makanan minuman kecil-kecilan untuk menghilangkan rasa bosan. Nah sobat sehati bisa nih belajar menu masakan baru untuk di santap bersama keluarga. Apapun bisa di lakukan asal di rumah saja ya sobat sehati,

Kamu bisa membeli paket bahan baku makanan sehat di halaman ini.

3. Olahraga di Rumah

Olahraga

Olahraga akan meningkatkan meningkatkan sistem imun sobat sehati. Ketika imun kamu drop, penyakit akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Lakukan aktivitas fisik selama 15-30 menit saja untuk menjaga tubuhmu tetap bugar. Banyak sekali olahraga yang dapat kamu lakukan antara lain cardio dance, senam, yoga, steps (berjalan di tempat sebanyak 5000 langkah di rumah). Yuk mulai dari sekarang.

4. Melatih Skill Karya Seni

Bermain Gitar

Tumpahkan segala ide yang selalu terbenak dalam kepala sobat sehati. Mulailah berkarya walau di rumah. Kamu bisa belajar menuliskan tentang hal apa saja yang mengganggu pikiranmu saat ini. Baik itu mimpi-mimpimu maupun pikiran burukmu. Terbiasa menulis akan meningkatkan kreativitas dalam diri karena sobat sehati belajar merangkai suatu kata yang simple, tetap mengedukasi, namun tetap mudah di pahami oleh orang banyak.

Sobat sehati juga bisa belajar memainkan alat musik. Mendengarkan nada-nada akan melatih kemampuan otak tetap bertumbuh serta mengeluarkan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur agar kamu agar tetap bahagia.

Kunci dari semua kegiatan yang sudah sehatmin kasih adalah wajib keluar dari comfort zone mu ya sobat. Coba semua hal yang jarang kamu lakukan bahkan tidak kamu sukai sekalipun. Mulai semua kegiatan tersebut agar kamu tidak bosan sehingga mental kamu tetap terjaga walau dirumah aja.

Sehati, Be Healthy.

 

 

Bagikan artikel ini: