Tekad bersepeda sudah ada, uang sudah ada, tinggal sepedanya yang belum ada. Sekarang saatnya kita menentukan mau membeli sepeda apa. Membeli sepeda ini haruslah sesuai dengan karakter, artinya sepedanya bisa dipakai sesuai target bersepeda kita dan nyaman dipakai dibawah ini adalah jenis-jenis sepeda yang umum digunakan masyarakat indonesia. Jangan sampai salah memilih sepeda. Tiga hal penting untuk menentukan sepeda adalah :

  1. Jenis sepeda : Tipe yang paling cocok tergantung tujuan (touring, balapan, rekreasi, dll) dan kemana kita akan bersepeda (jalan aspal, hutan, kemana aja, dll), dengan kategori umum sepeda adalah: Sepeda Gunung (MTB), Sepeda Balap (Road Bike), BMX, Sepeda Lipat (Folding Bike), Sepeda gravel, Sepeda Listrik, dan lainnya.
  2. Bike Fit : Cari ukuran sepeda yang sesuai ukuran tubuh dan geometri yang nyaman kita pakai
  3. Fitur dan komponen sepeda : Hal-hal seperti suspense, bahan frame, gear menentukan kinerja dan karakter sepeda

 

Road Bike

Jenis sepeda road bike ini mengutamakan aerodinamis dan kecepatan, bisa dikenali dengan bannya yang tipis dan handlebar nya yang melengkung ke bawah (drop handlebars). Menaikinya akan menuntut kita menunduk sampai nungging, supaya aerodinamis.  Bisa menyebabkan sakit punggung jika badan kita tidak lentur, tetapi bisa juga dirubah posisi badan dan tangan dengan modifikasi handlebar yang datar (flat handlebars). Bannya yang tipis tapi berdiameter besar membantu sepeda lebih laju.

Kategori spesialisasi dari Sepeda balap / Road bike :

Road Bike adalah Jenis Sepeda yang ringan dan aerodinamis ini sangat cepat untuk jalan datar. Rangka (frame) nya biasanya terbuat dari carbon fiber atau aluminium dan mempunyai bentuk yang tipis, sehingga sangat ringan. Racing bike umumnya memiliki bentuk rangka dengan sudut yang tajam membuatnya berputar dengan cepat.

Racing bike - Giant TCR ADVANCED SL 2-KOM
Racing bike – Giant TCR ADVANCED SL 2-KOM

Endurance bikes

Endurance bike berarti sepeda ketahanan. Jenis Sepeda ini memiliki fitur yang sama dengan racing bike, tetapi dengan bentuk frame/rangka yang membuat kita lebih nyaman berkendara. Umumnya memiliki head tube yang lebih tinggi, slacker head angles, dan top tube yang miring, untuk mengurangi stress pada punggung dan leher. Kadang juga memiliki ban yang sedikit lebih lebar dan lembut dari racing bike, sehingga lebih nyaman dibawa. Beberapa juga sudah memakai flat handlebars.

Endurance Bike - Giant DEFY ADVANCED SL 0
Endurance Bike – Giant DEFY ADVANCED SL 0

Sepeda Cyclocross

Sepeda yang dirancang untuk perlombaan cyclocross racing. Cyclocross racing adalah perlombaan sepeda yang jalannya aspal, kayu, rumput, bukit dan rintangan yang membuat pesertanya harus mengangkat dan membongkar pasang sepedanya. Biasanya sepeda ini memiliki ban semi-knobby (ban yang agak bergerigi untuk dual medan).

Sepeda Cyclocross - Trek Boone 5 Disc
Sepeda Cyclocross – Trek Boone 5 Disc

Sepeda Touring

Sepeda turing ini dimodifikasi sedikit dari road bike agar cocok untuk perjalanan yang jauh. Dirancang dengan rangka yang kokoh untuk membawa beban di depan dan belakang, dan memiliki kait untuk memasang rak, fender, pompa, botol minum, lampu dan lainnya. Memiliki wheelbase yang lebih panjang (jarak antara hub dua roda) membuat titik berat (center of gravity) yang lebih rendah, sehingga  lebih mudah untuk dikendalikan. Banyak sepeda turing juga memiliki rem cakram untuk meningkatkan daya henti saat mengangkut beban berat pada permukaan yang tidak diaspal.

Sepeda Touring - Polygon Bend RIV
Sepeda Touring – Polygon Bend RIV
Baca juga artikel khusus untuk sepeda balap: Panduan memilih sepeda balap (road bike).

Sepeda gunung / Mountain Bikes

Dirancang dengan shock-absorbing (penahan hentakan), sistem pengereman yang baik. Sepeda ini cocok dipakai di jalan tanah, berbatu, jalan yang tidak rata, dan juga bisa di semua medan. Sepeda ini memiliki gigi rendah agak tetap bisa bersepeda di medan berat atau di tanjakan.

Sepeda Trail

Ini adalah sepeda yang paling umum, sepeda yang tidak dirancang khusus untuk perlombaan. Sepeda ini menyenangkan untuk dipakai, efisien, dengan berat yang masih wajar. Bisa untuk naik turun gunung, dan untuk jarak yang jauh.
Spesifikasi umumnya : suspension travel* 120-140mm, head-tube angle** 67-69 derajat.

Sepeda Trail - Polygon TENSOR TR1

Sepeda Downhill/Park Mountain (DH Bikes)

Sepeda dengan suspensi dan frame yang khusus dan tangguh untuk menghadapi jalan turunan. Bentuk frame yang mendongak ke atas, karena suspensi travel depannya sangat panjang.
Spesifikasi umumnya : suspension travel 170-200+mm, head-tube angle 63-65 derajat.

Sepeda DownHill - Santa Cruz V10 S
Sepeda DownHill – Santa Cruz V10 S

Hybrid Bikes / Sepeda Hibrid

Kombinasi antara design, fitur, dan komponen sepeda gunung, balap, turing, sehingga bisa dipakai untuk semua medan. Sepeda ini mempunyai ban sepeda balap (tipis), dengan kemantapan perputaran / membelok seperti sepeda gunung, kadang ditambah sadel dan kenyamanan untuk sepeda turing. Sepeda hybrid ini menggunakan flat handlebars dan posisi bersepeda tegak untuk kenyamanan dan visibiliti yang lebih bagus. Karena pengunannya yang all in, tentu saja sepeda ini tidak untuk kondisi medan yang ekstrem.

Sepeda Hibrid - Pinnacle Lithium 2 2018
Sepeda Hibrid – Pinnacle Lithium 2 2018

Specialty Bikes

Sepeda yang memang dirancang dan diberi fitur khusus, yang sangat berbeda dengan sepeda pada umumnya, dan pengunaannya pun sangat terbatas.

BMX bike / sepeda bmx

BMX artinya adalah bicycle motocross. Sepeda ini memiliki roda yang relative kecil (20 inci biasanya), frame dan fork yang kaku, single cassette gear (satu gigi saja), handle bar yang tinggi, dan tidak banyak fitur-fitur mekanik, yang membuatnya sederhana dan gampang dirawat. Peruntukannya bisa untuk racing, freestyle, atau jump. Sepeda ini sangat popular dan memiliki banyak sekali komunitas.

Untuk informasi lengkap sepeda BMX, baca: Semua yang perlu diketahui dari Sepeda BMX
Sepeda BMX - Mongoose Legion L18
Sepeda BMX – Mongoose Legion L18

Fixed-gear bike / fixie bike

Sepeda dengan sistem penggerak yang tidak mempunya mekanisme freewheel. Artinya pedal dan roda terikat, jadi selama sepeda maju atau mundur, pedal selalu bergerak. Sepeda ini sangat popular untuk jalan-jalan dan styling.

Untuk informasi lengkap tentang sepeda fixie, baca: Belajar sepeda fixie.
Sepeda Fixie - Golden Cycle Striker
Sepeda Fixie – Golden Cycle Striker

Cruiser bikes

Sepeda onthel, sepeda unta, sepeda janda, pit pancal adalah beberapa sebutan untuk sepeda ini di Indonesia. Dipakai untuk sepeda santai berkeliling atau berwisata, bukan untuk kecepatan. Ban yang besar, tempat duduk nyaman, dan posisi tubuh yang nyaman juga., sering mempunyai boncengan di belakangnya.

Cruiser Bike - Benno Ballooner Ladies 8i
Cruiser Bike – Benno Ballooner Ladies 8i

Cargo bikes

Sepeda yang memiliki frame yang sangat kokoh, kadang framenya juga panjang, agar dapat menopang beban yang berat dan banyak.

Sepeda Cargo - Yuba Mundo Lux
Sepeda Cargo – Yuba Mundo Lux

Electric bike / Sepeda listrik

Sepeda ini mempunyai baterai dan motor yang bisa membantu menggerakkan sepeda. Ada yang dipasang sensor untuk mengukur kekuatan dorongan dari pedal, dan motor listriknya akan bekerja mengikutinya. Cocok untuk orang yang tidak kuat atau tidak mau capek tapi ingin menikmati sensasi bersepeda.

Sepeda Listrik - Polygon Path E Gent

 

Nah, dari jenis2 sepeda kira jenis sepeda yang mana nih yang paling cocok dengan kalian. Semuanya tergantung kalian, kebutuhan bersepedanya seperti apa dan juga setiap orang mempunyai preferensi masing-masing untuk model sepeda yang mereka sukai.

Bagikan artikel ini: