Sehati, Jakarta – Halo sobat sehati, siapa sih disini yang gabutuh makan? Namanya makhluk hidup itu salah satu kebutuhan kan. Kalo yang suka nyemil?Pasti lebih banyak lagi. Kamu harus tau bahwa makanan yang kita konsumsi berdampak langsung bagi tubuh. You are what you eat, begitu kata pepatah. Ketika kamu makan makanan sehat, pasti tubuh bugar hasilnya. Begitu sebaliknya, ketika kamu makan makanan yang tidak baik bagi tubuh, berbagai risiko penyakit akan menunggumu. Berikut sehatmin kasih contoh alternatif makanan sehat serta contoh sarapan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

1. Mie Shirataki

Makanan Sehat, Mie Shirataki

Buat kamu yang doyan makanan sehat atau sedang mengatur pola diet sehat, Makanan yang berasal dari umbi konjak ini pasti tidak asing lagi di telinga. Mie biasanya terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bahan lain seperti telur, pengawet, maupun berbahan dasar tepung beras. Umbi Konjak tersebut berasal dari Jepang. Kandungan gizi mie shirataki berupa 97% air dan 3% serat glukomanan. Ketika mengonsumsinya, kamu akan merasa kenyang lebih lama karena kandungannya yang rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat menggemukkan badan.

Rasa dari mie shirataki ini lebih kenyal, lembut, terasa seperti banyak kandungan air di dalamnya, tapi jangan khawatir, rasanya tidak jauh beda dari mie yang ada pada umumnya kok sobat sehati.

Baca : Manfaat Mie Shirataki, Mi sehat yang Bisa dijadikan Alternatif Mi Instan disini

2. Mengganti Micin dengan Kaldu Jamur atau Kaldu Ayam Kampung

Kaldu Ayam Kampung

Ini nih kaldu yang lagi hits sebagai pengganti micin harian sobat sehati. Awalnya kaldu pengganti micin ini ngetrend mulai dari tahun 2018 yang sering digunakan ibu-ibu muda untuk makanan sang buah hati di rumah. Sekarang lama-kelamaan makanan olahan rumah pun cukup sering memakai kaldu ini. Selain rasanya yang tidak jauh beda, kaldu ini merupakan kaldu alami tanpa bahan pengawet.

Kaldu jamur biasanya berbentuk bubuk. Jenis jamur yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasarnya adalah jamur tiram. Walaupun bukan terbuat dari hewani, kaldu jamur tetap memberikan rasa yang gurih saat digunakan. Sementara kaldu ayam kampung berasal dari sari ayam kampung yang berbeda dengan kaldu ayam yang biasa

Kandungannya yang bebas gluten dan rendah gula sering dijadikan pilihan yang tepat karena aman dikonsumsi oleh anak, ibu hamil, ibu menyusui, serta sobat vegan sekalipun. Namun hati-hati karena terlepas dari manfaat ini, orang yang memiliki sensitivitas terhadap jamur atau yang memiliki penyakit radang usus, hipertensi, dan glaukoma dapat memicu gejala penyakit tersebut menjadi lebih buruk.

Manfaat kaldu jamur untuk kesehatan antara lain :

-Mencegah kekurangan zat gizi pada tubuh karena mengandung protein dan mineral

-Memenuhi kebutuhan vitamin 12 yang berperan untuk menjaga sistem saraf, produksi sel darah merah, dan pertumbuhan metabolisme

-Menambah sistem kekebalan tubuh karena strain ragi dalam kaldu jamur bermanfaat untuk mencegah peradangan infeksi bakteri yang menimbulkan penyakit

-Terdapat nutritional yeast untuk menyehatkan kehamilan, beberapa merk kaldu jamur mengandung asam folat yang mendukung pertumbuhan janin.

3. Susu Almond

Minuman Sehat-Susu Almond

Kalau susu sapi dan susu kedelai sudah biasa. Yup, kali ini sehatmin akan kasih tau sobat sehati tentang minuman sehat yaitu Susu Almond.

Susu almond kaya akan manfaat seperti:

-Mencegah Sel Kanker yang biasanya 30% mudah terpicu ketika mengonsumsi susu sapi ( Baca : Makanan Pemincu Kanker )

-Membuat Kulit Tampak Bersinar

-Menyehatkan Jantung

-Membantu Menjaga Berat Badan

Nih mimin ajarin cara buat susu Almond yang mudah di rumah. Sobat sehati harus perhatikan bahwa kacang almond yang dipilih bentuknya masih utuh dan keras menandakan bahwa kualitasnya masih baik. Kalau kualitas almondnya tidak baik, susu almond akan menjadi bau.

Cara Membuat :

  1. Cuci Kacang almond yang akan digunakan
  2. Rendam kacang almond selama 8-12 jam menggunakan air matang
  3. Gunakan perbandingan 1:4 antara kacang almond dengan air matangnya. Untuk hasil susu yang lebih kental, kamu bisa pakai perbandingan 1:3
  4. Blender kacang almond yang telah direndam, campurkan air ke dalam blender
  5. Sobat sehati dapat mencampurkan kurma atau pisang sesuai selera. Tambahkan madu sebagai pengganti gula
  6. Blender hingga halus
  7. Saring hingga ampas benar-benar kering menggunakan kain saringan tahu
  8. Simpan dalam botol kaca, masukkan ke dalam kulkas

Nikmati susu almond rumahan kamu yang sudah siap disajikan. Dapat dinikmati saat sarapan maupun sebelum tidur. Mudah bukan?

4. Granola

Granola

Granola dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Granola merupakan campuran gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Granola sering dijadikan camilan dalam bentuk bar maupun dijadikan sarapan yang dicampur dengan susu maupun madu.

Sekarang ini Granola semakin mudah ditemukan di swalayan atau toko makanan organik seiring dengan kesadaran masyarakat akan makanan sehat yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, sobat sehati harus memerhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi Granola

-Perhatikan bahan campuran lain yang digunakan dalam pembuatan granola

-Konsumsi sesuai dengan takaran penyajian yang biasanya tercantum pada kemasan makanan

-Ketahui tambahan minyak yang digunakanm jauhi yang mengandung lemak jenuh

Nah sobat sehati, semoga kamu lebih memerhatikan makanan sehat dan camilan kamu ya. Agar lebih mudahnya, kamu dapat membeli produk-produk diatas di halaman produk sehati loh. Tunggu apa lagi? Sehati, Be Healthy.

 

Bagikan artikel ini: