Sehati, Jakarta – Melakukan perawatan rambut perlu dilakukan baik pria dan wanita. Memiliki rambut yang kuat dan indah adalah impian setiap orang. Rambut yang sehat adalah rambut yang berkilau, tidak rontok, tidak berketombe, dan tidak mudah patah. Selain tampak sehat, kulit kepala terbebas dari berbagai macam masalah lainnya. Banyak cara merawat rambut agar tetap sehat dan kuat. Berikut Sehatmin kasih tau cara merawat rambut agar tetap sehat ya sobat sehati

1. Rutin Memakai Aloe Vera Alami

Aloe vera memiliki kemampuan untuk rambut lebih tebal dan mempercepat pertumbuhan rambut. Sebenarnya yang terjadi pada kulit kepala kita saat memakai aloe vera adalah kulit kepala akan melindungi kondisi peradangan pada kulit rambut yang menyebabkan kebotakan.

Cek cara memakai aloe vera alami untuk rambut kamu disini

2. Mengetahui Jenis Kulit Rambut Anda

Cara Merawat Rambut

Selalu ketahui kebutuhan tubuh kamu sendiri ya sobat sehati. Ketau jenis kulit kepala kamu sehingga kamu tau perawatan kulit rambut seperti apa yang kamu butuhkan. Jenis kulit kepala sama kompleksnya dengan kulit wajah. Kulit kepala kamu bisa berminyak, bisa kering, dan bisa saja jenisnya kombinasi.

Ketika kulit kepala kamu berminyak, rambut kamu akan mudah lepek. Sobat sehati diperbolehkan untuk mencuci rambut sehari sekali dengan sampo yang memiliki kandungan yang lembut. Batasi penggunaan hairspray dan gel pada rambut. Pastikan bahwa sampo telah terbilas bersih dari kulit kepala setelah kamu keramas. Berhati-hatilah saat menggunakan conditioner, jangan sampai conditioner kamu terkena kulit kepala.

Sementara apabila kulit kepala kamu kering, kamu bisa menambahkan perawatan hair oil pada kulit  kepala. Aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepala kemudian diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan rutinitas ini sebelum keramas. Minyak zaitun dipercaya memiliki banyak manfaat dalam melembabkan kulit kepala. Konsumsi alpukat dan kacang-kacangan agar kulit kamu tetap lembab.

3. Tambahkan Pemakaian Perawatan Rambut Setelah Keramas

Minyak Kemiri

Gunakan produk perawatan rambut seperti hair oil/hair tonic yang memiliki bahan alami. Produk yang mengandung biji kemiri perlu kamu coba karena biji kemiri terpercaya sejak dulu dalam meningkatkan kekuatan rambut. Hindari produk yang berbahan kimia yang memicu kerontokan rambut semakin cepat.

Baca Selengkapnya : Manfaat Biji Kemiri dan Cara Mengolah untuk Rambut

4. Perhatikan Makanan yang di Konsumsi

Cara menghindari botak rambut

Santap makanan yang memiliki kadar protein yang banyak. Konsumsi makanan yang tinggi protein seperti susu dan telur ayam yang dapat meningkatkan kekuatan rambut sehingga tidak mudah patah.

Untuk mendapatkan rambut yang tebal dan lebih bervolume, kamu dapat mengonsumsi kacang atau makanan yang terbuat dari biji-bijian. Kandungan omega 3 dalam lemak tak jenuh di dalamnya akan membuat akar rambut lebih sehat dan terawat. Say goodbye to rambut kering dan bercabang

Simak Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya 

Alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sama seperti kacang. Sumber Vitamin E pada alpukat akan menutrisi kulit untuk menyeimbangkan kadar minyak pada rambut. Folikel Rambut yang tersumbat akan menghambat pertumbuhan rambut.

5. Telusuri Keturunan Keluarga

Keluarga

Memang banyak cara yang dapat diatasi dalam mengurangi kebotakan. Kita dapat melakukan treatment dan perawatan rambut yang tepat. Namun tahukah sobat sehati kalau faktor keturunan dan faktor genetik dapat mempercepat waktu kebotakan di usia muda. Jadi kenali asal-usul keturunan anda, bisa jadi faktor genetik mempengaruhi kinerja pertumbuhan rambut kamu.

Nah sobat sehati, Sehatmin banyak memberikan tips untuk mencegah kebotakan rambut.

Sekarang yuk lakukan cara merawat rambut yang benar agar kulit kepala tetap sehat dan kuat.

Sehati, Be Healthy.

Bagikan artikel ini: