Di situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, tentu kita ingin hidup lebih sehat daripada sebelumnya. Apalagi WHO sudah memberikan pernyataan bahwa virus tersebut “tidak akan hilang dalam waktu singkat dan menjadi masalah di seluruh dunia”. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu tidak pernah terlambat untuk memulai sesuatu yang baik dan selalu ada cara untuk memulai hidup yang sehat dengan langkah-langkah gaya hidup yang sehat dan mudah seperti berikut. Yuk simak!

 

  1. Memulai dan menjaga pola makan yang sehat.

Perlu kamu ketahui, bahwa semua yang kita konsumsi mempengaruhi kinerja tubuh kita. Semua fungsi didalam tubuh dapat bekerja dengan maksimal apabila makanan yang kita konsumsi cukup bernutrisi. Jika makanan yang kita konsumsi memiliki gizi yang seimbang, tentu tubuh kita mampu mengimbangi dengan kinerja yang baik. Jika makanan seperti junk food kita konsumsi dengan ritun, maka tidak heran bahwa tubuh kita dapat kecenderungan untuk memiliki beberapa masalah kesehatan.

 

  1. Jaga pola tidur dan beristirahatlah yang cukup.

Tubuh sangat membutuhkan istirahat yang cukup untuk dapat kembali beraktivitas dengan maksimal. Istirahat yang cukup juga dapat mencegah penuaan dini, mengendalikan nafsu makan, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi stress. Selain itu, istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (membuat tubuh kita lebih kuat dan terhindar dari sakit) serta mengurangi risiko mengalami berbagai kecelakaan. Kurangnya istirahat dapat memperlemah ingat kita. Maka daripada itu, usahakan untuk tidur paling tidak tujuh sampai sembilan jam setiap harinya.

 

  1. Berolahraga yang teratur.

Berolahraga setiap hari dapat membawa berkat yang luar biasa bagi tubuh kita. Turunnya risiko berbagai penyakit dan peningkatan rentang hidup menjadi faktor utama kenapa kita harus berolahraga dengan teratur. Bila kita aktif bergerak, maka nutrisi yang mengendap didalam tubuh kita akan jadi jauh lebih mudah untuk terpakai. Opsi olahraga seperti, bersepeda, berjalan kaki, atau aktivitas naik turun tangga akan menjadi aktivitas yang sangat mudah dilakukan apabila tidak mempunyai waktu. Lakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan kesenangan dan rutin agar terhindar dari rasa terpaksa dan malas.

 

  1. Minum air putih yang cukup.

Air sangat penting bagi tubuh kita karena, kita juga kehilangan air setiap hari melalui urin dan keringat, sehingga kita butuh mengisi cairan air didalam tubuh kita. Mungkin kita menyepelekan langkah ini, namun minum air putih yang cukup dapat membantu kita untuk menjaga fungsi otak yang prima, sehingga kita dapat berkonsentrasi dengan baik. Air putih juga dapat menurunkan berat badan dengan membuat kita berpikir akan rasa kenyang, serta dapat mengatasi dari bau badan yang berlebih. Segeralah minum air jika ada tanda-tanda bibir kering, mulut kering, atau buang air kecil yang sedikit.

 

  1. Mulai mencintai diri sendiri.

Ketika kita mencintai diri sendiri, kita tidak akan memikirkan beban stress yang mungkin terpikul, dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Beban stress tersebut dapat berakibat negatif untuk kesehatan kita. Dengan mencintai diri sendiri, kita juga belajar untuk berpikiran positif terhadap pola pandang tentang kehidupan. Pola pikir yang lebih luas mampu menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Jangan memendam perasaan sedih, namun ‘suarakan’ emosi tersebut ke jurnal atau orang orang yang kita percaya.

 

  1. Perhatikan postur tubuh.

Ada banyak manfaat dibalik postur tubuh yang baik. Selain membuat kamu terlihat lebih menarik dan pintar, kamu juga bisa memiliki pernapasan yang lebih prima dan berdampak jauh lebih baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Postur tubuh sangat penting juga untuk menghindari nyeri punggung dan pinggang, perubahan bentuk tubuh, dan bahaya lainnya. Kurangi postur yang membuatmu terlalu sering bersandar, berdiri bungkuk, duduk bungkuk, leher miring, bertumpu pada satu kaki, ataupun menggunakan hak tinggi dapat membantumu untuk menghindari postur tubuh yang buruk. Kamu juga dapat memperbaiki postur tubuh dengan duduk tegak, cari kursi yang sesuai dengan tubuhmu, kurangi penggunaan gadget, cari alas tidur yang sesuai, tidak menggunakan heels yang terlalu lama, serta rutin berolahraga. Lakukan dengan konsisten agar memiliki postur tubuh yang lebih baik.

 

  1. Evaluasi gaya hidup dan motivasi kenapa kita ingin hidup sehat.

Last but not least, sebelum memulai motivasi positif ini, miliki alasan/ motivasi kenapa kita ingin hidup sehat. Dengan kita mengetahui ‘mengapa’ kita melakukan, maka kita akan memiliki semangat untuk melakukan ‘bagaimana’ kita melakukan. Terus, evaluasi tujuan kita agar kita bisa menjalankan rencana tersebut dengan lancar, fokus dan berkomitmen.

 

Itulah beberapa langkah untuk menghidupi gaya hidup yang sehat. Yang terpenting adalah melakukan apa yang kita rencanakan, dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab, sehingga manfaat tersebut bisa kita nikmati dan rasakan.

 

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke post-post yang lain di blog Sehati, karena ada banyak banget pengetahuan yang bisa kamu petik dan pelajari untuk kesehatanmu seperti tips persiapan sebelum olahraga, olahraga apa aja yang bisa mengecilkan perut, cara menurunkan berat badan dengan atur pola makan, ataupun pola makan yang baik khusus untuk sebelum dan sesudah olahraga.

 

Sumber Gambar: Sharon Mccutcheo

Referensi:

Happyfresh.id

Alodokter.com

Cermati.com

Kompas.com

Wowkeren.com

Klikdokter.com

Bagikan artikel ini: