Mengimplementasikan gaya hidup sehat kepada si kecil sedari dini akan membantunya untuk memilih pilihan-pilihan sehat di masa yang akan datang. Selain itu, kita sebagai orang tua juga dapat meningkatkan imunitas tubuhnya dan mengoptimalkan perkembangannya. Gaya hidup sehat merupakan pondasi utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Membiasakan gaya hidup sehat sejak dini merupakan salah satu hal berharga yang dapat orang tua berikan kepada si Kecil, agar kualitas perkembangannya optimal. Berikut adalah 5 cara untuk mengimplementasikan gaya hidup sehat untuk si kecil:

 

  1. Istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup sebenarnya merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan kita. Si Kecil membutuhkan ruang untuk bertumbuh, dan istirahat yang cukup tentunya membantu perkembangan fisik dan mentalnya. Selain menghilangkan rasa ngantuk, ternyata istirahat sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

 

Baca juga: Kurang Tidur? Ini dia 10 Dampak Negatif untuk Kesehatan

 

  1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan sangat penting untuk pertumbuhan anak yang sehat. Setidaknya biasakan si Kecil untuk bergerak aktif selama 1 jam setiap hari. Orang tua sebaiknya menjadi contoh yang baik untuk si Kecil dengan ikut membiasakan aktivitas fisik sehari-hari. Contoh terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan olahraga ringan yang bisa diikuti oleh si Kecil. Orang tua juga dapat melihat video acuan secara gratis di kanal internet yang tersedia.

 

  1. Makan buah dan sayur.

Ada banyak khasiat dibalik buah-buahan dan sayur-sayuran. Tentu kita sebagai orangtua inginkan yang terbaik untuk si kecil. Di masa balita, tentu dia butuhkan banyak sekali nutrisi dan makanan yang berkualitas. Buah dan sayur tentunya mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan, seperti vitamin dan mineral. Makan buah dan sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi didalamnya juga dapat meningkatkan vitalitas tubuh si kecil untuk mengurangi resiko penyakit kritis.

 

  1. Minum air putih yang cukup.

Peneliti dan ahli kesehatan menganjurkan, selain makan makanan yang bergizi, menyarankan untuk memberikan si kecil banyak minum air putih. Kenapa? Air putih sangat berguna untuk seluruh sistem di dalam tubuh kita, agar dapat berjalan dengan lancar dan sempurna. Air mineral adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh. Batasi konsumsi minuman ringan yang mengandung kadar gula tinggi sebagai konsumsi si Kecil.

 

Baca juga: Minum Air Putih Penting?

 

  1. Biasakan si Kecil untuk tidak terlalu sering menatap layar

Berikan batasan pada waktu yang boleh dihabiskan si Kecil untuk berada di depan layar, seperti waktu untuk menonton televisi, waktu untuk bermain di tablet maupun ponsel cerdas. Gaya hidup ini termasuk pada kategori tidak aktif dan dapat berdampak pada kelebihan berat badan. Orang tua bisa mengganti waktu bermain si Kecil di depan layar dengan mengajaknya aktif bermain, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Ada bnayak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berolahraga, ataupun membaca buku.

 

Nah, gaya hidup sehat untuk si kecil saat ini tentu diperlukan. Selain itu, penting banget untuk orang tua membiasakan untuk mempunyai waktu tidur yang sesuai dengan kebutuhannya, biasakan untuk mencuci tangan, menyikat gigi secara teratur dan menjaga si Kecil tetap berada di lingkungan bebas asap rokok. Selamat hari Anak!

 

Sumber:

Bagikan artikel ini: