Sehati, Jakarta – Sobat sehati, sadar nggak sih kalau dampak kurang olahraga memberikan perubahan di tubuh yang seringkali tidak kita sadari? Tubuh merupakan karunia terbesar yang harus dijaga. Salah satu cara agar metabolisme tubuh senantiasa terjaga adalah dengan melakukan olahraga yang rutin. Ketika tubuh bergerak, denyut jantung akan meningkat sehingga darah yang membawa oksigen serta nutrisi penting akan terbawa dan terdistribusi ke tempat yang seharusnya. Hal ini sangat baik apabila rutin dilakukan karena mekanisme biologis tersebut tidak akan terjadi apabila tubuh tidak berolahraga. Waktu yang paling tepat berolahraga adalah di pagi hari. Tentu udara yang kamu hirup masih segar dan sinar mataharinya sangat baik untuk kesehatan.  Cepat atau lambat akan mempengaruhi kebiasaan kita sehari-hari. Mau tau dampak tubuh di masa mendatang apabila malas berolahraga? Simak poin berikut

Dampak Kurang Olahraga

Dampak Kurang Olahraga

1. Merasa Mudah Stress

Coba perhatikan kalau belakangan ini sobat sehati sering merasa mudah tersinggung, mood naik-turun, terlalu memikirkan banyak hal secara berlebihan alias overthinking, atau cemas dan kurang percaya diri. Mungkin ini tanda-tanda kalau kamu kurang olahraga.

Ketika olahraga, hormone serotonin yang mengantar sinyal antarjaringan saraf akan memengaruhi suasana hati. Sebenarnya hormon ini juga berperan dalam fungsi tubuh yang lain seperti pembentukan tulang, fungsi seksual, proses pembekuan darah, maupun pencernaan.

Hormon lain yang berperan untuk memengaruhi suasana hati adalah hormone endorphin. Saat tubuh berolahraga, kadar endorphin di dalam tubuh akan meningkat. Hormon alami ini akan memberikan suasana hati yang lebih tenang dan senang ketika selesai berolahraga.

2. Sulit tidur nyenyak

Apakah kamu sulit untuk tidur? Hal ini termasuk sinyal bahwa tubuhmu butuh olahraga teratur. Olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari dan membuat tubuh lebih bugar saat bangun tidur. Jangan biarkan tubuh kamu berakhir begadang hanya karena kurang olahraga.

Baca selengkapnya : Bahaya Kurang Tidur

3. Kulit Kusam Mudah Berjerawat

Kulit memiliki pori-pori yang harus selalu di jaga kebersihannya. Penumpukan sel kulit mati dan minyak yang berlebih akan menimbulkan jerawat. Jangan sepele loh, jerawat bukan hanya dapat tumbuh di wajah saja. Jerawat dapat tumbuh di badan kamu juga.

Punggung badan, dada, dan lengan sangat memungkinkan untuk ditumbuhi jerawat walaupun ada faktor lain misalnya jenis bahan baju yang di pakai maupun cara kamu membersihkan badan.

Baca juga : Cek faktor lain penyebab jerawat.

Ketika Berolahraga, pori-pori tersebut akan mengeluarkan keringat dan penumpukan minyak yang menyebabkan kulit kusam dan berjerawat tadi akan terbawa bersama keringat yang di keluarkan

4. Mudah Terserang Penyakit

Imunitas tubuh akan melemah ketika tubuh tidak dilatih secara rutin. Olahraga rutin mampu meningkatkan kemampuan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit masuk ke dalam tubuh.

5. Berat Badan Sulit Terkontrol

Tidak hanya masalah imunitas tubuh yang berkurang, penyakit lain mungkin saja muncul karena lemak dari tubuh yang jarang bergerak mengalami penumpukan.

Sebuah persepsi yang salah ketika kamu melakukan diet namun hanya mengurangi jumlah porsi makannya saja. Tubuh tetap membutuhkan olahraga untuk menjaga berat badan stabil. Kebiasaan rutin berolahraga memberikan sinyal bagi tubuh bahwa menu olahraga termasuk ke dalam pola diet sehari-hari. Tidak hanya mempercepat pembakaran lemak di tubuh, badan kamu akan terasa lebih bugar.

Tubuh yang sehat tidak akan datang secara instan. Dibutuhkan usaha yang teratur untuk membiasakan diri melakukan olahraga. Saat sobat sehati olahraga, itu tandanya kamu bukan hanya menyayangi diri sendiri tapi juga dengan orang-orang di sekitar kamu. Setelah mengetahui dampak kurang olahraga, Cek manfaat olahraga rutin di masa depan

1. Terlihat Awet Muda

Percaya gak sih konsisten olahraga kamu selama ini yang membuat hati bahagia berbuahkan hasil yang manis? Yap betul, kebahagiaan akan menjagamu tampak awet muda loh. Meskipun banyak aktivitas berat yang mengganggu dan membuat kamu stress, tidak ada salahnya menghibur dirimu sebentar dengan melakukan gerakan latihan fisik selama 30 menit saja.

Aliran darah yang bekerja dengan baik akan membuat regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat. Otot wajah yang lentur karena terbiasa berolahraga membuat kamu terhindar dari yang namanya keriput.

2. Investasi Kesehatan Masa Depan

Banyak orang bilang ketika masih muda, kamu punya banyak waktu luang dan tenaga yang masih semangat. Sayang kan kalau dibiarkan gitu aja? Padahal sobat sehati tahu bahwa puluhan tahun ke depan kondisi fisik akan menurun seiring berjalannya waktu. Kamu perlu menjaga tubuh tetap produtif di masa sekarang agar dapat menjaga kondisi fisik di masa yang akan datang

“Mens sana in corpore sano” artinya “ Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Cukup ingat kalimat itu agar kamu terbiasa membuat diri menjadi lebih produktif lagi.

3. Ingatan Segar, Tidak Mudah Lupa

Tidak hanya kondisi fisik yang menurun, seiring usia bertambah fungsi daya ingat otak pun jadi mudah lupa. Latihan fisik akan mengalirkan darah ke otak dengan lancar, apalagi ketika kamu olahraga di pagi hari sama dengan memberikan asupan oksigen yang lebih dan segar di badan kamu. Jadi karena itu, miminsehati yakin sih gaada yang mau jadi pelupa di masa depan,

4. Mengurangi resiko penyakit di dalam tubuh

Kebiasaan gaya hidup yang buruk saat beraktifitas dapat memicu penyakit dalam tubuh, sehatmin punya nih Tips mengurangi resiko penyakit dalam tubuh:

-Ketika postur duduk salah baik itu di kantor, saat menyetir mobil, akan membuat tulang dan sendimu menjadi kaku. Bahkan tidak jarang usia muda mudah terserang nyeri atau sakit akibat kurang menggerakkan tubuh yang sebenarnya bisa sobat sehati hindari.

-Saat melihat layar laptop selama satu jam, coba untuk memandang lingkungan sekitar sebanyak lima menit. Tanda bahwa kamu telah mengistirahatkan mata dari layar laptop.

-Tulang dan Sendimu akan terbiasa aktif dan kuat ketika tubuh sering di gerakkan.

Nah sobat sehati, saatnya kenali tubuh kamu ketika kurang berolahraga, dan ingat manfaatnya di masa depan. Sehati, Be Healthy.

 

 

Bagikan artikel ini: