Selama masa pandemi Anda harus tau cara menjaga kesehatan tubuh di rumah agar tetap sehat dan bugar. Ingat kesehatan untuk keaadan saat ini sangatlah penting.

Sehati.my.id – Mewabahnya virus Corona COVID-19 saat ini di beberapa negara termasuk Indonesia membuat banyak kegiatan harus dilakukan di rumah, tak terkecuali olahraga. Biasanya kondisi seperti ini malah bikin orang malas melakukan apa-apa. Banyak orang yang tidak menjaga kesehatan tubuh, lebih memilih untuk bermalas- malasan.

Setiap orang memiliki keinginan untuk hidup lebih lama agar dapat berkumpul dengan keluarga dalam jangka waktu yang lama dan mencapai berbagai kesuksesan yang ingin diraih. Dan tidak ada orang yang memiliki cita-cita untuk menderita penyakit jantung, serangan stroke, diabetes melitus, gangguan hati, masalah pada paru-paru dan kanker. Lalu bagaimana cara agar tetap dapat sehat dan bugar?
Ini dia  beberapa cara menjaga kesehatan tubuh

1. Berjalan atau berlari

Metode latihan yang paling sederhana adalah berjalan atau berlari. Latihan ini bisa dilakukan di lingkungan yang ada di sekitar rumahmu, tapi tetap jaga jarak dengan orang lain ya lebih dari 2 meter.

Latihan ini bisa membuat fisik semakin sehat, bugar, dan merangsang otak serta otot agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Akan lebih baik lagi jika dikerjakan secara rutin setiap hari.

2. Latihan dengan bantuan video kebugaran

Di situasi seperti ini, pergi ke klub kebugaran atau kelas senam tidak akan bisa dilakukan. Sebagai gantinya, bisa gunakan video kebugaran sebagai penuntun olahraga, seperti zumba, yoga, pilates, dan lainnya.

Kamu juga bisa tambahkan alat-alat kebugaran lainnya, seperti dumbel atau band resistensi.

3. Yoga

Yoga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran, serta tidak butuh ruangan yang luas untuk melakukannya. Bila butuh bantuan instruktur, kamu bisa manfaatkan video-video tutorial yang ada di Youtube ataupun DVD.

Olahraga yoga ini sangat bagus untuk kamu yang sering merasa cemas. Hal ini karena melatih fokus dan pernapasan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

4. Dance atau menari

Jika kamu kurang suka atau bosan dengan olahraga yang gitu-gitu aja, kamu bisa coba dengan dance atau menari. Latihan ini ternyata bagus sekali untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.

Siapkan lagu-lagu kesukaan kamu untuk menemanimu menari. Bagi kamu yang suka main aplikasi TikTok, itu juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga lho.

5. Aplikasi kebugaran

Di zaman serba canggih ini, jika ingin fitnes atau olahraga dasar lainnya tidak perlu pergi ke klub kebugaran. Kamu bisa mengundung aplikasi kebugaran untuk menuntun langkah-langkah olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

6. Bersih-bersih rumah

Kegiatan yang sering dilakukan saat di rumah ternyata bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat lho. Kegiatan bersih-bersih atau beberes rumah pasti dilakukan setiap hari kan.

Dengan beberes rumah, kamu bisa membakar hingga 190 kalori. Misalnya mencuci pakaian, merapikan tempat tidur, dan membersihkan debu itu termasuk olahraga yang menyehatkan. Rumah bersih badan pun sehat.

7. Berkebun

Berkebun juga merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan di rumah. Saat kita melakukannya, sama saja kita berolahraga tanpa disadari.

Berbagai hal bisa kamu dapatkan dari berkebun, seperti melatih otot perut, lengan, dan punggung. Misalnya memotong rumput, bisa membakar hingga 280 kalori per jam.

8. Berhenti merokok

Jika anda adalah seorang perokok maka mengambil keputusan untuk memilih berhenti merokok adalah tindakan paling efektif yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko menderita penyakit dikemudian hari. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, penyakit jantung, dan serangan stroke. Manfaat kesehatan dapat segera dirasakan setelah berhenti merokok.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Memiliki tidur berkualitas selama 7-8 jam dalam sehari dapat membantu menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kualitas dan kuantitas tidur yang buruk :

  • Tidak menonton televisi atau komputer 2 jam sebelum tidur.
    Cahaya televisi dan komputer dapat merangsang atau memberi isyarat tubuh untuk bangun.
  • Tidak melakukan olahraga yang berat sebelum tidur.
    Melakukan peregangan ringan untuk membantu menurunkan tingkat stress.
  • Mandi menggunakan air panas.
    Mandi menggunakan air panas dapat membantu menurunkan tingkat stress sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Mengatur jadwal tidur
    Membuat jadwal tidur dan mengambil komitmen untuk menaati dapat menurunkan resiko terjadinya insomnia.

10. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Dampak buruk yang dapat terjadi karena penggunaan alkohol berlebihan adalah :

  • Gangguan pada organ seperti pankreas, hati, ginjal, perut, jantung
  • Meningkatkan resiko terjadinya komplikasi diabetes
  • Gangguan pada organ mulut sehingga menyebabkan bicara menjadi cadel
  • Gangguan pada sistem koordinasi tubuh
  • Mengalami halusinasi
  • Gangguan pada kesuburan
  • Mengalami cacat lahir

Nah itulah dia beberapa cara menjaga kesehatan tubuh selama masa pandemi, selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan rumah . Bersihkan tempat-tempat yang memungkinkan kuman bersarang, seperti sela-sela lemari, belakang hiasan dinding, dan bagian dalam gorden. Bagi Anda yang memiliki area bekerja di rumah, jaga kebersihan lingkungan kerja seperti meja dan laptop secara berkala.

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, disarankan juga untuk memperhatikan kesehatan mental agar tetap dapat tenang dan berpikiran positif selama menghadapi pandemi COVID-19. Selektif terhadap informasi yang didapat dan pastikan hanya menerima dari sumber yang akurat dan dapat dipercaya. Berkomunikasilah selalu dengan keluarga dan sahabat untuk menanyakan kabar, memberikan dukungan, atau melakukan kegiatan bersama lewat video call. Mari tetap sehat dan semangat!

 

 

Bagikan artikel ini: