Cara paling tepat untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan badan ideal adalah dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga. Memang, hasilnya tidak secepat jika menggunakan obat diet, melakukan diet esktrem, atau menjalani operasi sedot lemak. Namun, mengatur pola makan sehat jauh lebih aman untuk tubuh dalam jangka panjang. Selain itu, berat badan pun tetap terjaga. Mengatur pola makan diet sehat perlahan-lahan akan membuat pola hidup kita menjadi sehat pula. Sehingga, tak hanya menurunkan berat badan, risiko terkena berbagai penyakit berbahaya pun ikut berkurang. Dengan mengikuti tips dan cara diet alami untuk menurunkan berat badan seperti di bawah ini, istilah “diet mulai besok” bisa dihindari. Sebab cara-cara di bawah ini tidak mewajibkan kita mengubah pola hidup secara drastis, melainkan perlahan-lahan menjadi lebih sehat. Jadi, cara ini akan terasa lebih ringan.

1. Meningkatkan konsumsi protein

Dalam urusan menurunkan berat badan, protein termasuk salah satu nutrisi yang paling berpengaruh. Sebab saat mengolah protein, tubuh kita juga melakukan pembakaran kalori di waktu yang sama. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori dalam tubuh juga semakin meningkat. Dan lagi, protein juga mampu membuat kita kenyang lebih lama sehingga nafsu makan berkurang. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sumber protein seperti dada ayam dan telur dalam menu harianmu.

2. Menghindari makanan kemasan

Makanan dalam kaleng atau kemasan yang banyak dijual di supermarket umumnya mengandung gula, lemak, dan kalori yang tinggi. Tentu, jika ingin menurunkan berat badan, makanan tersebut sebaiknya dihindari.

3. Mengganti stok camilan di rumah

Mengganti cemilan dan stok makanan di rumah menjadi makanan yang lebih sehat bisa menjadi awal untuk memulai pola hidup sehat. Cobalah untuk mulai menyimpan yogurt, buah, kacang-kacangan, dan telur rebus di rumah sebagai alternatif camilan yang lebih alami dan sehat.

4. Membatasi asupan gula

Banyak orang tidak menyadari bahwa gula yang mereka konsumsi sudah jauh melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh. Padahal, kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak yang membuat berat badan terus bertambah. Untuk membatasi asupan gula, kita bisa mulai dari cara sederhana seperti mengganti gula pasir biasa dengan pemanis stevia.

5. Meningkatkan konsumsi buah dan sayur

Cara diet alami yang satu ini tentu tak asing di telinga. Karena memang, sayur dan buah sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalorinya sangat rendah, sedang kandungan mineratl, vitamin, dan serat pada sayur serta buah sangatlah tinggi. Kedua hal inilah yang membuatnya sangat cocok dijadikan menu diet alami orang yang sedang menurunkan berat badan.

6. Banyak minum air putih

Minum air putih sebelum makan, akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, karena air putih tidak mengandung kalori, maka mengganti minuman kemasan dengan air putih akan membantu memangkas asupan kalori harian. Air putih juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh lho!

7. Sarapan pagi

makanan utk diet

Photo by Ben Kolde on Unsplash

Sarapan setiap pagi adalah salah satu rutinitas orang-orang yang berhasil menurunkan berat badannya. Dengan sarapan, porsi makan kita akan lebih sedikit saat siang hari dan di jam-jam makan berikutnya. Selain itu, jika tidak sarapan, kebanyakan orang akan merasa kelaparan dan justru makan lebih banyak  di jam-jam makan berikutnya. Untuk bisa menurunkan berat badan, biasakan sarapan dengan menu yang sehat, seperti roti gandum, buah-buahan dan susu rendah lemak.

8. Mengganti produk makanan dengan versi rendah lemak

makanan sehat untuk diet

Salah satu cara diet alami yang mudah dilakukan adalah dengan mengganti mayones, yogurt, dan susu, atau bahan makanan dairy dengan versi rendah lemak. Saat ini, sudah banyak makanan dan minuman rendah lemak yang bisa jadi plihan.

9. Rutin minum kopi dan teh hijau tanpa gula

cara menurnkan berat badan

Tahukah kamu jika kopi dan teh hijau adalah minuman yang cocok untuk menurunkan berat badan? Namun, kopi atau teh hijau yang dimaksud bukanlah es kopi kekinian yang banyak mengandung gula dan susu. Kopi yang bisa menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula, begitu pula dengan teh hijau. Sebab, kopi hitam bisa meningkatkan energi dan pembakaran kalori di dalam tubuh. Kafein yang ada di dalam kopi juga akan membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko diabetes. Sedangkan teh hijau dapat memicu pembakaran lemak di tubuh yang berujung pada menurunnya berat badan. Teh hijau juga akan membantu meningkatkan energi di dalam tubuh kita. Baca Juga: 8 Kopi Asli Indonesia yang Mendunia dan Jadi Primadona

10. Mengganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks

cara diet yang sehat

By Sengai Podhuvan – Own work, CC BY-SA 3.0

Karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar atau pasta kurang baik bagi orang yang sedang diet. Sebab, karbohidrat tersebut akan meningkatkan kandungan gula di tubuh. Kandungan gula berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak dan saat penumpukan sudah terjadi, berat badan otomatis ikut bertambah. Meski begitu bukan berarti kita tidak boleh makan karbohidrat sama sekali. Kita hanya perlu menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang lebih sehat seperti roti gandum atau nasi merah.

11. Mengganti piring makan dengan ukuran kecil

cara cepat turunkan berat badan

Photo by Siniz Kim on Unsplash

Makan dengan ukuran piring yang lebih kecil merupakan suatu trik yang mampu membuat kita merasa kenyang dengan porsi makan yang lebih sedikit. Secara psikologis, jika kita terbiasa makan satu piring penuh dan baru merasa kenyang setelahnya, maka kita juga akan merasakan hal yang sama dengan ukuran piring yang lebih kecil.

12. Makan dengan perlahan

Makan secara perlahan bisa membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh saat makan. Ketika kita makan secara perlahan, otak menjadi punya lebih banyak waktu untuk memberi sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi, kita tidak akan makan banyak seperti ketika makan dengan cepat.

13. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup tidak bisa tidak dilakukan jika ingin menurunkan berat badan secara alami. Sebab kurang tidur dapat mengganggu produksi hormon di dalam tubuh terutama hormon yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan. Akibatnya kita jadi lebih sering ingin makan.

14. Mengonsumsi probiotik

Selain untuk kesehatan tubuh, Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bakteri ini terdapat pada makanan dan minuman yang difermentasi seperti yogurt, tempe, atau kimchi. Sebagai salah satu cara diet alami yang sehat, mengonsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh, mengurangi nafsu makan, dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

15. Menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi segera setelah makan bisa menahan keinginan kita untuk ngemil dan makan lebih banyak lagi. Sebab setelah menyikat gigi hingga bersih, akan muncul rasa enggan makan karena merasa sayang jika langsung dipakai untuk makan.

16. Mulai berolahraga

Lima belas cara diet alami menurunkan berat badan di atas akan membuahkan hasil yang lebih efektif apabila kita lengkapi dengan olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah olahraga kardio seperti jogging, berenang, atau aerobik. Baca Juga: Olahraga Mengecilkan Perut yang Anda Bisa Coba di Rumah Ada banyak cara diet alami yang bisa dicoba dan langkahnya pun sederhana. Tentu, kamu tidak perlu langsung menjalani 16 tips di atas secara bersamaan. Pilihlah satu atau beberapa tips yang kamu rasa paling mungkin dan mudah dilakukan dalam waktu dekat. Jika sudah konsisten menjalani langkah yang dianggap mudah, kamu bisa coba mulai menjalani tips yang lainnya sehingga gaya hidup pun perlahan-lahan akan berubah menjadi lebih sehat.

Bagikan artikel ini: